18 Mei 2011

Utilities terlengkap dengan NirLauncher dan Sysinternal Suite

Bagi yang sering utak-atik komputer, mengatasi berbagai permasalahan yang terjadi dengan komputer baik untuk komputer lokal maupun jaringan, biasanya tidak asing dengan Nirsoft dan Sysinternals Utilities. Nirsoft Utilities dan Sysinternal merupakan kumpulan program kecil yang sangat bermanfaat untuk komputer (windows).

Belum lama ini Nirsoft membuat program NirLauncher yang berisi koleksi lebih dari 100 program kecil (utilities).




Nirsoft merupakan sebuah website yang menyediakan berbagai program kecil (utilities) yang semuanya gratis (freeware). Program-program ini di kembangkan (dibuat) sendiri oleh Nir Sofer. Koleksi yang disediakan memang fantastis untuk seorang programmer, mencakup :

- Password Recovery Utilities
- System Utilities
- Web Browser Tools
- Programmer Tools
- Network Monitoring Tools
- Internet Related Utilities
- Command line utilities
- Outlook/Office Utilities
- Desktop tools
- Video/Audio Related Utilities
- Program (Utilities) lainnya

Total program yang dibuat lebih dari 100 dan masing-masing mempunyai ukuran yang relatif kecil dan diberikan petunjuk penggunaan, fungsi yang cukup detail (jelas). Jika kita ingin download masing-masing program tentu akan lama dan bingung mana yang akan diambil. NirLauncher merupakan program yang berisi semua kumpulan program yang ada, sehingga kita bisa menjalankan dan memilih berbagai aplikasi yang ada dengan hanya download program ini.

Download Nirsoft Launcher Beta 1 (6.6 MB)

Jika ingin melengkapi koleksi program yang ada, kita juga bisa menambahkan utilities dari Sysinternals, Sysinternal Suites. Sysinternals suite juga berisi lebih dari 60 program kecil (utilities) yang tidak kalah bermanfaat dibanding Nirsoft. Program Seperti Autoruns dan Process Explorer merupakan salah satu dari Sysinternal Utilities.

Untuk menambahkan program-program dari SysInternals Suite, download keseluruhan program (SysInternal Suites, 11.2 MB), kemudian download sysinternals.nlp . Extract zip file tersebut dan tempatkan menjadi satu dengan NirLauncher (termasuk file sysinternals.nlp). Kemudian kita bisa menambahkan dari menu Launcher > Add Software Package, dari Nirlauncher.


Program-program tertentu mungkin akan dianggap virus oleh beberapa antivirus, meskipun ini sama sekali bukan virus. Hanya memang fungsinya mirip dengan virus, seperti untuk mengetahui/membuka password dan lainnya (baca: Antivirus companies cause a big headache to small developers)

Untuk melihat update dan versi terbaru, bisa langsung mengunjungi website Nirsoft atau membaca perkembangannya di Nirsoft Blog.


Semoga Bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar